Cara Membuat Roti Manis

Roti manis mungkin merupakan roti yang paling digemari oleh anak anda, karena rasa manisnya yang tentunya sangat memanjakan lidah anak anda, pada artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat roti manis, yang tentunya sangat berguna bagi anda sekalian dan ibu rumah tangga pada khususnya.

Mungkin hanya segelintir orang yang tahu akan kandungan roti manis, yang merupakan hasil dari salah satu makanan fermentasi karena didalam pembuatannya melibatkan mikroorganisme dalam bentuk ragi.

 

Roti manis

 


Berikut bahan dan cara membuat roti manis yang saya comotkan dari dapur solia:

Porsi: 45 gram per potong (atau sesuai selera)
Hasil: 18-20 buah
Pembakaran: 175 °C, 12-15 menit
Cetakan: Loyang persegi pendek sesuai ukuran oven

Bahan Roti Manis:

425 gram Tepung terigu protein tinggi (Cakra)
75 gram Tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
12.5 gram Ragi instan
205 ml Air
110 gram Gula putih
7.5 gram Garam
30 gram Susu skim
75 gram Margarin (suhu ruangan, bukan dingin)
2.5 gram Bread improver
40 gram Kuning telor (± 2 butir ukuran sedang)
25 gram Telor utuh (1 butir)

Bahan Isi Roti Manis:

100 gram Keju
100 gram Meses
dan lain-lain sesuai selera

Bahan Olesan Roti manis:

Susu evaporasi / kuning telor dicampur sedikit air / Ovex

Cara Membuat Roti Manis:

1) Campur semua bahan kering (aduk2 menggunakan centong). Masukkan telor. Masukkan air tapi sisakan 50-75 ml (jangan langsung dituang semua). Uleni hingga menyatu. Setelah setengah kalis, masukkan margarin & garam. Aduk hingga kalis. Jika adonan terlalu kering, masukkan air sedikit2. Jika terlalu lembek dan lengket, taburi dengan sedikit tepung terigu.

2) Bulatkan adonan, tarik ke bawah seperti melakukan facelift. Tutupi dengan plastik. Biarkan selama 10 menit hingga adonan rileks. Inilah proofing pertama.

3) Bagi adonan dengan berat timbangan 45 gram. Bulatkan. Istirahatkan lagi selama 10 menit. Inilah proofing kedua.

4) Gilas untuk membuang gasnya, bentuk dan isi sesuai selera. Jangan terlalu penuh supaya adonan tidak "meledak" saat dipanggang.

5) Susun di loyang yang sudah disemir dengan shortening putih. Jangan taburi tepung. Olesi permukaan roti dengan susu evaporasi atau kuning telur atau Ovex. Biarkan selama 90 menit, tergantung pada suhu dan kelembaban. Inilah proofing ketiga dan terakhir.

6) Jika adonan roti manis sudah cukup mengembang dan ringan, masukkan oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang di suhu 175 °C selama 12-15 menit. Karena rak atas oven cenderung lebih cepat panas, tukar posisi loyang setelah 3/4 matang.




1 komentar:

  1. Nice posting, very helpfull & usefull. Dan untuk anda yang ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / mesin bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK GRATISSS, ditunggu blogwalking nya yach. good luck & keep blogging. Thank's & salam kenal yach...

    BalasHapus

goresan anda begitu berharga buat saya

IBN